KOTAJAMBI –  Data Komnas Perempuan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan menyebutkan selama 2009 terjadi 56 ribu kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Fakta itu menunjukan masih terjadi diskriminasi terhadap kaum Hawa. Padahal pemerintah sudah mengisyaratkan pemberian perhatian berperspektif gender.

“Sampai sekarang masih ada diskriminasi yang melemahkan kaum perempuan, termasuk penolakan di ruang publik,” ungkap anggota DPR-RI, Ratu Munawarah, pada peringatan Hari Ibu ke-81, di Auditorium Gubernuran Jambi, Senin (15/2).

Menurut isteri Gubernur Jambi itu, jumlah perempuan pekerja di bidang pertanian saat ini berkisar 67 hingga 69 persen. Tenaga kerja wanita di luar negeri mencapai 79 persen. Dari 5.809 PNS di Provinsi Jambi, 2.262 diantaranya perempuan. Sisanya, 3.547 laki-laki.

Ratu mengungkapkan, dalam Peraturan Pemerintah (PP) semua anggaran APBN dan APBD harus sudah berperspektif gender pada 2011. Namun, hingga 2010 masih jarang sekali terdengar kepala daerah dan kepala SKPD menyampaikan prosentase program kerjanya yang mengarah pada perspektif gender. (infojambi.com/SAL)