MAKASSAR–Pelaksanaan Muktamar NU ke-32 yang sedianya berlangsung hingga 28 Maret 2010 dipercepat satu hari sehingga penutupan dilakukan pada Sabtu (27/3). “Sejumlah agenda kami padatkan agar pelaksanaan acara ini bisa dipercepat,” kata Sekretaris Panitia Muktamar Taufik R Abdullah di Makassar, Rabu.

Dikatakannya, keputusan ini diambil mengingat sejumlah peserta telah membukukan tiket kepulangan pada tanggal 28 pagi sehingga tak akan bisa mengikuti acara penutupan. Menurut informasi sementara, Menko Polhukam Djoko Suyanto akan menutup muktamar menggantikan Wakil Presiden Boediono.

Sementara itu, berbeda dengan hari-hari sebelumnya, penjagaan yang dilakukan oleh satuan pengamanan muktamar semakin diperketat. Siapa pun yang tidak menggunakan ID Card (kartu tanda pengenal) muktamar tak diizinkan masuk, meskipun mereka merupakan panitia atau pengurus NU.

Para muktamirin yang berusia lanjut juga mengeluhkan kondisi ini karena tak bisa keluar masuk dengan bebas, sebagian karena kelupaan membawa ID Card ketika ke luar arena, sebagian lainnya merupakan penggembira yang memang bukan peserta resmi.

Red: krisman