400 Pelanggan PDAM Belum Dapat Air
MUARATEBO – Sekitar 400 pelanggan PDAM Tirta Muaro, sementara ini tidak bisa menikmati air bersih. Pasalnya, instalasi terputus akibat pelebaran jalan beberapa waktu lalu, dan masih belum diperbaiki. Direktur PDAM Tirta Muaro, Usman Ali, didampingi Kabag Teknis Sulaiman, mengatakan bahwa sekitar empat kilometer instalasi PDAM masih rusak. “Itu karena ada pelebaran jalan Muaratebo, dan kerusakan tersebut belum diperbaiki sepenuhnya,” ujarnya.

Dampaknya, 400 pelanggan terpaksa putus pasokan air bersihnya. Hal ini sudah terjadi sejak satu tahun terakhir. Namun, kata Usman, saat ini sekitar enam puluh persen lebih sudah diperbaiki.

Untuk saat ini, lanjut Usman, PDAM tidak menambah jaringan, karena masih terfokus untuk memperbaiki kerusakan itu. Secara hitungan perusahaan, kondisi ini jelas merugikan PDAM. Tetapi karena pelebaran jalan juga kebutuhan umum, maka tentu ini menurutnya menjadi pertimbangan sendiri. “Jalan penting, air bersih juga penting, ya kalau rusak kita perbaiki saja,” ujarnya.

Empat ratus pelanggan tersebut, menurutnya, sejak setahun terakhir terpaksa beralih ke sumur. Namun, bagi yang tidak memiliki sumur, dilayani dengan mobil tangki PDAM yang tersedia. Hal ini akan terus dilakukan menjelang perbaikan pipa penghubung selesai.

Yang pasti, kata Usman, PADM Tirta Muaro akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, walaupun saluran terputus tetapi bagi yang tidak memiliki sumur tetap dilayani. Kondisi seperti ini katanya dilakukan karena keadaan, menjelang semua jaringan dan pipa penghubung diperbaiki.(amu/rib)

Iklan