Sering Keruh

MuaroTebo – Sering keruhnya air yang didistribusikan PDAM Tirta Muarotebo, membuat sebagian masyarakat Kota Muarotebo mempertanyakan kinerja dan pelayanan BUMD yang dipuimpin H Usman Ali itu. Sebab, ada kekhawatiran air keruh itu mengandung bibit penyakit.

Safe’i, salah seorang pelanggan, menuturkan jika air yang keruh itu diendapkan semalam di dalam bak, maka akan terlihat masih ada tanah yang ikut dalam air yang ditimba. ”Kadang jernih nian, kadang keruh nian. Jadi, wajar pulo kito nanyokan, apokah air keruh tu layak untuk dikonsumsi atau tidak,’’ katanya, kemarin.

Direktur PDAM Tirta Muarotebo, H Usman Ali, saat dikonfirmasi menegaskan air yang didistribusikan PDAM Tirto Muarotebo layak dikonsumsi masyarakat pelanggannya

‘’Dijamin bisa dikonsumsi masyarakat, meskipun sumbernya dari Sungai Batanghari,’’ tegasnya, kemarin.

Mengenai air yang sering keruh, Usman menyebut itu lantaran ada saringan yang rusak saat debit Batanghari naik beberapa waktu lalu. Tapi itu sudah diperbaiki dan masyarakat tak perlu khawtir lagi. Sebab, pihaknya memiliki penyaring yang ideal. Tak benar Batanghari sudah tak layak dijadikan sumber air baku PDAM Tirta Muarotebo.

‘’Sampai sekarang masih sangat layak, karena tak hanya Tebo yang menjadikan Batanghari sebagai sumber, Kab Batanghari dan Kota juga menggunakannya,’’ tambahnya.

Menyinggung rumor yang menyebut, PDAM Tirta Muarotebo akan memindahkan sumber airnya, Usman Ali dengan tegas membantahnya. ‘’Recana mengalihkan sumber air adalah kewenangan PU. Kita hanya instansi teknis yang mengelola. Kalau ada yang baru, PU yang bangun. Namun, sejauh ini belum ada,” pungkasnya.

(pay)